Rabu, 07 Mei 2008

Tips menlindungi konputer dari serangan virus

kalau dulu sudah saya kasi tau tentang sejarah virus, sekarang saya coba buat kasi sedikit info neh tentang gimana ngejaga komputer kita dari serangan virus..
Pada umummnya penyebaran virus yang paling banyak adalah melaui UFD (Usb Fash Disk), nah disini saya akan kasi tau trik gimana caranya supaya virus yang autorun (langsung nyerang ketika kita colokin UFD tersebut ke komputer kita. OK.. sedikit penjelasan tentang virus yang autorun, Autorun merupakan perintah menjalankan aplikasi/ program, contohnya ketika kita memasukkan CD/DVD maka daam komputer standar akan jalan secara otomatis aplikasi yang terdapat didaamnya, demikian itu karena terdapat perintah menjaankan file yang ada didalam CD/DVD tersebut. nah demikian juga pada virus-virus yang dibuat autorun. bedannya cuma file firus itu merusak, nah gimana cara mengatasi jika sengaja atau dengan tidak sengaja kita mencookkan UFD yang terdapat Virus yang autorun didalamnya? tentunya kita tidak tau apakah didaam UFD kita terdapat Virus yang demikin atau tidak, maka untuk meakukan tindakan pencegahan saya baka kasi tips untuk kalian, nah apa yang harus dilakukan??
yang harus dilakukan adalah, matikan fungsi autorun pada komputer kita.
caranya tekan dan tahan shift pada keyboard ketika kita colokin UFD atau apapun yang didalamnya dicurigai terdapat firus yang autorun... nah sangat mudah bukan?? memang iya... eh tapi untuk meihat apakah file didaamnya terdapat virus atau tidak, tampikan folder/file hidden karena file virus biasanya hidden. ke explore/tools/foder option/view. pada folder hodden files and folder piih show hidden files and folder kemudian hiangkan tanda centang di hide protected operating file system dan hilangkan juga hide extention for known file type (untuk mengetahui extention). ingat, file virus biasanya berekstensi .exe
semoga bermanfaat....

0 komentar: